Minggu, 31 Juli 2011

apa itu "B.I.D.A.N ??

Apa itu BIDAN ?? 
SiapaKah DIA ??

1. Bidan dalam bahasa Inggris berasal dari kata MIDWIFE yang artinya Pendamping wanita, sedangkan dalambahasa Sanksekerta “Wirdhan” yang artinya : Wanita Bijaksana. 
2. Bidan merupakan profesi yang diakui secara nasional maupun internasional dengan sejumlah praktisi diseluruh dunia. Pengertian bidan dan bidang praktiknya secara internasional telah diakui oleh InternasionalConfederation of Midwives ( ICM ) tahun 1972 dan Internasional Federation of International Gynaecologistand Obstetritian ( FIGO ) tahun 1973, WHO dan badan lainnya. Pada tahun 1990 pada pertemuan dewan diKobe, ICM menyempurnakan definisi tersebut yang kemudian disahkan oleh FIGO ( 1991 ) dan WHO(1992). 
3. Pengertian  Bidan  menurut Ikatan Bidan Indonesia (IBI)  bahwa bidan  adalah: seorang perempuan yang lulus dari pendidikan Bidan yang diakui pemerintah dan organisasi profesi di wilayah Negara Republik Indonesia serta memilikikompetensi dan kualifikasi untuk diregister, sertifikasi dan atau secara sah mendapat lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan.Bidan diakui sebagai tenaga professional yang bertanggung-jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagaimitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayibaru lahir, dan bayi. Asuhan ini mencakup upaya pencegahan, promosi persalinan normal, deteksikomplikasi pada ibu dan anak, dan akses bantuan medis atau bantuan lain yang sesuai, serta melaksanakantindakan kegawat-daruratan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar